Share this history on :

Sabtu, 30 Agustus 2014

Tips Jitu Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien

Bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien | agar cepat menguasai materi pelajaran yang di ajarkan oleh para guru ataupun dosen. apalagi ketika menghadapi UTS ( Ujian Tengah Semester ), UAS ( Ujian Akhir Semester ) atau bahkan UN ( Ujian Nasional ). aduh pasti berbagai macam cara seperti menyontek pun akan dilakukan demi mendapatkan nilai yang memuaskan. para guru sering sekali memberikan motivasi untuk belajar bagi siswa mengingat pola pendidikan di era sekarang ini yang semakin sulit dan rumit. kali ini ada beberapa tips cara jitu dan kiat efektif yang dapat dilakukan oleh para siswa dalam belajar dan patut simak.


TIPS DAN TRIK JITU CARA BELAJAR YANG EFEKTIF

1. BELAJAR KELOMPOK
Bosan belajar sendirian? Coba belajar secara kelompok bersama teman. Belajar kelompok juga merupakan salah satu kegiatan belajar yang baik dan efektif. Dengan belajar kelompok kegiatan belajar akan menjadi sangat menyenangkan karena ada temannya. Belajar secara kelompok sebaiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar bisa termotivasi dan ketularan pintar.

2. RAJIN MEMBUAT CATATAN
Setiap bab pelajaran pasti selalu ada bagian-bagian yang penting. Nah, bagian yang penting ini sebaiknya dibuat catatan di buku tersendiri. Salah satu cara belajar yang baik yaitu dengan merangkum bahan dan materi pada pelajaran yang juga sangat berguna saat menghadapi ujian.

3. SELALU DISIPLIN DAN TEKUN DALAM BELAJAR
Yang penting di sini adalah kualitas pembelajaran-nya. Walaupun hanya 1-2 jam sehari tapi kalau di lakukan setiap hari pasti akan lebih baik dari pada belajar dalam waktu yang sangat lama saat kalau ada ulangan dan ujian saja.

4. BERTANYA KALAU BELUM PAHAM
Biasanya setelah guru selesai membahas satu mata pelajaran akan bertanya pada murid muridnya. "Apakah sudah jelas?" Jangan ragu dan takut untuk bertanya kalau memang kalian kurang paham dan kurang mengerti.

5. HINDARI SIKAP TIDAK JUJUR
Sekarang ini banyak siswa yang membuat catatan gelap untuk mencontek saat ada ulangan atau ujian. Belajar dengan jadwal yang teratur seorang murid pasti akan selalu siap jika ada ulangan dadakan dan tidak perlu lagi ada alasan untuk mencontek.

Kira-kira seperti itulah, Demikian kelima tips jitu Cara Belajar Yang Baik dan Efisien Untuk Menghadapi Ujian semoga bisa diaplikasikan  saat sedang ingin fokus belajar disekolah maupun dirumah. nantikan tips lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar