Share this history on :

Kamis, 29 Desember 2011

Canggih! "Scan" Bokong Gantikan Kunci Mobil

London: Kursi mobil kini dapat mengenali cetakan bokong sang pengemudi. Dengan begitu, desain kursi mobil ini bisa mengetahui cara duduk untuk mengidentifikasi pengemudi.

Teknologi baru yang terdapat pada kursi mobil itu dirancang oleh para ilmuwan di Institut Teknologi Industri Tokyo. Alat canggih dapat mengukur 360 titik-titik tekanan untuk menciptakan profil 3 dimensi dari cara seseorang duduk.

Penemuan ini bisa menggantikan kunci mobil. Bahkan para peneliti mengatakan, temuan ini bisa digunakan di kantor sebagai password komputer.

Para ilmuwan mengatakan bahwa sistem tersebut 98 persen akurat. Hal itu hanya masalah sederhana tentang ketepatan sensor tekanan di dalam kursi mobil umumnya. Sehingga teknologi itu nantinya bisa diproduksi di mobil pada awal 2014.

Tim peneliti mengatakan scan bokong itu sebenarnya kurang mengganggu dibanding bentuk-bentuk scan biometrik lainnya. Seperti analisa pengenalan wajah, yang sedang digunakan oleh kontrol paspor Inggris.

Kursi mobil itu dapat mengenali si pengemudi dari mengamati bokong. Sedangkan kebanyakan sistem biometrik, mengharuskan pengguna untuk berdiri saat dipindai.(

0 komentar:

Posting Komentar